Bersahabat dengan buku dan segala sesuatu tentang buku

Monday, January 1, 2018

Pengalaman Belanja Buku Online di bukukita, bukabuku, jd.id, blibli, grobmart dan periplus!

Hi! Di postingan kali ini, aku mau ngeshare soal pengalaman belanja buku online di toko buku online atau e-commerce yang menurutku tempatnya asyik, cocok, nyaman dan aman. Banyak banget toko buku online sekarang ini, tapi banyak juga dari kita yang bingung beli online dimana saja saking banyaknya. Banyak juga yang kadang lebih memilih belanja langsung dari tokonya, biar aman, enggak kena tipu. Habis, sekarang kalau kita kurang cermat dan apik milih tempat beli bisa aja bawaannya jadi kesel atau deg-degan terus nungguin barang/buku yang kita order nyampe atau enggak. Tapi tetep aja, namanya juga belanja online, kadang kita harus sedikit bersabar, apalagi kalau buku yang kita order notifnya pre-sale atau di gudang penerbit, pasti lebih butuh banyak waktu untuk mengecek ketersediaan barang. Kalau mau cepet pilih bukunya yang udah ready stock aja. Ya, kalau buku yang kita mau, kebetulan ready stock, kalau enggak ya mesti nunggu. Enggak semua buku yang ready stock cocok dengan selera kita juga kan!

Untuk itu, mesti nemuin tempat belanja yang aman dan bisa dipercaya biar oke, kalau nunggu juga ada kepastian gitu (kayak relationship aja hee). Soalnya banyak banget lho keuntungan yang bisa kita dapet kalau belanja online, apalagi kalau lagi ada promo event tertentu dan kebijakan e-commercenya yang kebanyakan harga bukunya lebih murah daripada kita beli di toko offline, udah gitu gratis ongkir pula untuk e-commerce tertentu, mantap banget tuh kan! udah gitu kalau buku yang pre-sale pasti harganya lebih murah deh! Siapa yang enggak mau coba, dengan budget yang lebih hemat dapet buku bejibun, bisa buat bundelan koleksi buku, nambah terus!. Sambil santai pula di rumah pilih-pilih bukunya. Tinggal klik-klik dapet buku yang dicari, asyikkkkk!

Ini dia tempat belanja buku online yang udah gue coba order dan direkomendasi :

1. BUKUKITA


http://www.bukukita.com/
Disini pertama kali beli, enak, aman, ga lama, responnya cepet, pilihan bukunya juga banyak dan up to date juga. Apalagi kalau buku yang kita pesan ready stock, jadi cepet nyampenya. Interface depannya juga bagus dan gampang dimengerti, begitu kategori dibuka buku yang dicari muncul banyak, ada page halamannya, tapi enggak ada urut berdasarkannya (misal terbaru, harga terendah, harga tertinggi, review terbanyak, rating, best seller, dll) yang bisa dijadikan patokan buat kita nyari buku. Mungkin ini kurangnya menurutku, tergantung kitanya juga sih, kalau enggak masalah, it's okay. Yang penting aman di toko buku online ini, harganya juga bagus, banyak promo, dan yang ready stock siap kirim 1x24 jam diskon sampai 20%OFF, bukunya ada juga yang 30%OFF, apalagi yang pre-order ada diskon khusus, sip deh.

Cara pembayarannya baru bisa dengan 3 cara yaitu transfer ke rekening bank 
bisa lewat ATM, Internet Banking, Mobile Banking/SMS Banking, 
setor tunai melalui bank, dan BNI SMS Payment, udah gitu kita melakukan 
konfirmasi pembayaran. 

Pengiriman oleh Kurir BukuKita.com, TIKI, Pos dan Si Cepat. Lama pengiriman tergantung daerah tempat kita tinggal. Di situsnya bisa dicek di cakupan pengiriman pilih daerah kita dan nanti muncul perkiraan sampai paket kita (lama kirim).

Ada juga simulasi biaya pengiriman, tinggal masukin data-data kita, dan akan muncul tarif pengiriman paket kita. Memudahkan sekali.

2. BUKABUKU

http://www.bukabuku.com/
Paling sering beli buku disini nih, soalnya interfacenya enak dan kita bisa mengurutkan buku berdasarkan terbaru, harga terendah, harga tertinggi, review terbanyak, rating, best seller, A-Z dan Z-A. Mantep dah, suka deh kalau begini, jadi acara belanja buku makin mudah dan asyik. Misal kalau lagi mau cari tahu buku best seller tinggal klik urut berdasarkan best seller. Yang muncul buku yang best seller, ngurut gitu atau mau tahu buku yang paling murah/ hemat, diurutkan berdasarkan harga terendah, jadi buku disusun dari harga yang paling rendah sampai makin halamannya maju makin tinggi harga bukunya, jadi praktis. Halaman yang mau dicarinya juga ga mesti nyusun bisa langsung pilih halaman mana yang mau kita lihat.

Selain itu alasan aku sering belanja disini karena banyak promo bundling, kayak paket komik yang 10 buah, 5 buah yang harganya hemat banget atau paket kayak disini

Kalau beruntung bisa dapet banyak buku dengan harga lebih hemat. Yang PO (pre-order) lebih hemat, hanya mesti nunggu aja, kalau buku yang kita pesan enggak ada, nanti ada notif ke email dan kalau lihat di account kita akan ada penawaran apakah akan dibatalkan pesanan bukunya atau diganti dengan buku yang lain begitu. Kalau memang bukunya enggak ada, nanti uangnya deposit di account kita. Jadi kalau mau beli buku lagi bisa langsung dipakai. Kalau mau di refund (dikembalikan) lagi juga uangnya bisa. Tapi menurut pengalamanku sih mending disimpan aja di deposit account biar kalau mau beli buku lagi gampang, udah ada deposit, tinggal kalau kurang uangnya nambah lagi. Soalnya pernah aku permintaan refund, prosesnya lama banget sampai aku klaim ke customer service lewat emailnya beberapa kali, SMS, dan akhirnya ditelp langsung ke kantornya karena enggak ada respon juga dan untungnya pas ditelpon besoknya dicek udah direfund uangnya, fiuhh. Harusnya langsung telepon aja yah biar cepet hee. Ya udah gapapa yang penting udah beres ;)

Sistem pembayarannya banyak pilihan mulai dari COD (Cash On Delivery) yang lagi in banget sekarang, transfer bank, western union, PayPal, kartu kredit dan E-money, oke banget kan. Bagi yang seneng COD kayaknya bakal seneng deh beli buku disini hee.

Pengirimannya dengan JNE, JayOn Express, Pos Indonesia dan EMS. Tarif sesuai daerah pengiriman, bisa dicek di situsnya. Lama kirim tergantung daerah dan ketersediaan produk.

Salah satu/sebagian buku yang aku beli disini (Yang The Naked Traveler warna biru mah beli di gramedia, yang 5 lainnya beli di bukabuku)



3. JD.ID
https://www.jd.id/
Beli disini lantaran suka juga belanja keperluan lain (banyak barang keperluan, gadget, e-commerce gede deh) dan ada diskon serta paket hemat. Pas kemaren menuju Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional); paket komik pas bulan November, 10 komik harganya 11K dan pas bulan Desember, 10 komik harganya 12K; Novel 10 buah harganya 120K, gila banget kan, meskipun bukunya random, lumayan kan nambah koleksi, super deh, dan bagus juga judul komik dan novelnya. Udah gitu GRATIS ONGKIR. Pilihan buku lainnya juga banyak, ada PO juga dan kategori buku berdasarkan penerbit serta interface yang paling enak banget buatku untuk belanja online! Iklannya juga lucu yah yang jamin pasti ori barangnya disini! 

Untuk pengirimannya tergantung stok juga dan daerah pengiriman, untuk promo kayak gini (sale gede) produknya pre-sale, dan membutuhkan waktu lebih lama, tapi jangan khawatir pasti nyampe kok. Toko favoritku ini, kalau aku order disini cepet nyampe! kecuali yang pre-sale, take time tapi aman, hemat dan worth it! 

Ini hasil komik yang gue dapet disini! Yang penting dapet Slam Dunknya haha jadi punya 2 deh ditambah dengan koleksiku untuk edisi yang 21 ini ;)



 4. BLIBLI  
 Udah enggak asing lagi kan dengan e-commerce yang satu ini karena banyak banget iklannya BAIK   online atau di TV, dimana-mana. Dan memang nyaman belanja disini. Customer servicenya 24 jam,   responsif   banget kalau ada keluhan. Which is why I prefer to buy something online here. Aman,   nyaman, dapat   dipercaya, tidak kecewa kalau belanja disini. Apalagi dengan sistem poinnya  (rewards) yang   kalau dikumpulin bisa dapet voucher dan ditukar voucher 50K untuk 5000 poin hingga voucher 500K  dan masih banyak keuntungan lain kalau jadi member. Kalau baru masuk dapat 2500 poin! Dan ada level keanggotaannya juga, yaitu Classic, Signature, Premier, Infinite. Khusus untuk yang Level Premier kalau ultah dapat voucher 150K dan untuk yang Level Infinite dapat voucher 250K! WOW! 

Biasanya biar terpercaya, kalau beli barang atau buku disini, aku cek yang pengirimannya dikirimkan dari blibli.com biar terjamin barangnya, banyak juga kan merchant lainnya juga, jadi harus teliti pilih barang juga meskipun di e-commerce besar. Kalaupun beli dari merchant lainnya, yang barangnya tidak langsung dikirimkan blibli.com, mesti cek & ricek dulu, lihat review-reviewnya biar kita aman dan nyaman belanjanya. Sistem pengiriman disini cepat menurut pengalamanku belanja disini. Harganya gimana produknya dan event atau promo tertentu, pinter-pinter kitanya aja. 
Kita bisa menikmati promo gratis ongkir tanpa limit tanpa minimum transaksi untuk pembelanjaan:
  1. Lokasi penjual berada di kota yang sama dengan alamat pengiriman,
  2. Pengiriman ke kota Jabodetabek, Surabaya, dan Medan khusus untuk barang yang dikirimkan oleh Blibli.com
Syarat dan Ketentuan Promo Gratis Ongkir Tanpa Limit:
  • Promo ini berlaku sampai dengan 31 Maret 2018.
  • Skema gratis ongkir ini hanya berlaku untuk produk reguler di Blibli.com dan tidak berlaku untuk produk tipe Big Product dan BOPIS (Buy Online Pick Up in Store).
  • Secara otomatis, sistem Blibli.com akan menghitung biaya pengiriman dan estimasi tanggal produk diterima di laman PEMBAYARAN (setelah terpotong voucher/promo)
  • Biaya kirim dalam satu order akan dihitung secara terpisah berdasarkan area pengiriman
  • Untuk order yang berada di luar kondisi di atas, gratis ongkir hingga Rp 200.000 dengan ketentuan berikut:Ongkos kirimnya ditanggung oleh blibli sebanyak 
gratis ongkir 50K untuk pembelian minimal 75K, 
gratis ongkir 100K untuk pembelian minimal 200K dan 
gratis ongkir 200K untuk pembelian lebih dari 1000K. 

Blibli.com memudahkan Anda melakukan transaksi dengan menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang praktis dan mudah, di antaranya:
5. Transfer (ATM atau Non ATM)
6. Uang elektronik (XL Tunai, Sakuku, atau Mandiri E-Cash)
7. Bayar di toko (Indomaret atau Pos Indonesia)

Namanya bikin kita ngerasa belanja di Supermarket yang super BIG banget (hiperbolis banget aku nih! hee) Baru-baru ini belanja disini dan merasa puas banget dengan pelayanannya. Setiap ada perubahan dan tracking order lengkap dinotif ke email jadi kita enggak cemas dengan orderan kita. 
Harganya juga hemat, banyak promo, apalagi untuk komik ada pojok diskon setiap hari. Untuk buku PO tentu lebih hemat harganya, dan masih banyak event lainnya.

Interface situsnya juga enak dipandang dan mudah dimengerti dan di klik-klik. Yang khas disini yaitu kita bisa beli buku dengan ongkir per buku 3K (3000 rupiah aja). 

ONGKIR PER BUKU HANYA Rp. 3000, keren banget kan!

Ada program gratis ongkir : Program - #WESHIP2u
 Syarat dan Ketentuan :
1.  Minimum belanja Rp 300.000
2.  Dapatkan potongan Gratis Ongkir untuk daerah Standard Shpping 
3.  Gunakan Kupon : WESHIP2u

Untuk informasi pengirimannya cek juga disini !
Sistem COD untuk seluruh Pulau Jawa & Bali, bisa juga dengan transfer dan setelahnya konfirmasi pembayaran.

Cek Youtube accountnya disini tentang belanja di Grobmart!


6. PERIPLUS
Ada juga postinganku khusus mengenai belanja di Periplus disini!
Disini kita bisa menemukan banyak buku impor dan menggunakan bahasa Inggris. 
Terutama untuk buku memasak (cookbook), Travel dan Hobi khusus seperti menjahit, 
lengkap sekali dan banyak banget pilihannya, Apalagi kalau jadi PEC member khusus,
bisa dapet diskon yang gede banget! 
Penggemar Harry Potter dan karya fiksi lain yang pengarangnya dari luar negeri bisa 
menemukan banyak buku sejenis dan ada yang dipaket lengkap! 

Mungkin sekian yang bisa saya share yah! Mudah-mudahan bisa bantu kamu 
yang mau coba belanja buku online biar enggak bingung lagi! 
Love, comment and share! Bagaimana pengalaman belanja buku online-mu 
dan dimana kamu belanja buku online-nya? 

credit :

2 comments:

  1. Aku pernahnya belanja buku di grobmart, bukabuku, sama bukukita. Paling suka sih di grobmart. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, makasih yah udah share pengalaman belanjanya, iya keren-keren buku dan promonya di grobmart, ongkirnya juga ramah di kantong hehe. Maaf yah baru sempat balas, baru mampir lagi nih di blognya :)

      Delete