Bersahabat dengan buku dan segala sesuatu tentang buku

Friday, January 12, 2018

Review : Topeng Kaca - Komik Deluxe dan Special Edition! by Suzue Miuchi

GARASU NO KAMEN by Suzue Miuchi
Topeng Kaca by Suzue Miuchi
Alih bahasa : Teti Koriati
Editor : Sari
Desain cover : T. Nurdjito
150101978
ISBN 978-979-27-8401-5
          978-979-27-8402-2
Hak cipta terjemahan Indonesia dipegang oleh PT. Elex Media Komputindo.
Diterbitkan pertama kali tahun 2010 oleh PT. Elex Media Komputindo,
Kelompok Gramedia, anggota Ikapi, Jakarta.
Untuk publikasi di Indonesia, buku ini dibalik dari buku edisi aslinya.
Cetakan pertama : Oktober 2010


Maya Kitajima adalah seorang gadis bodoh yang tidak cantik dan tidak punya keterampilan apa-apa. Ia sangat suka menonton sandiwara. Tanpa disadarinya, ternyata bakatnya ada di dunia itu. Beruntung, seorang artis kawakan, Mayuko, menemukan dan menyadari bakat Maya. Dan perjuangan Maya mengasah bakatnya di bawah asuhan Mayuko pun dimulai. . . .



Buku komiknya lumayan tebel, karena ini edisi deluxe-nya, seneng banget dengan komik ini, karena ceritanya tidak biasa, sangat detil sekali penulisnya, Suzue Miuchi, menggambarkan tokoh utamanya Maya Kitajima yang mempunyai bakat akting luar biasa, meskipun dari keluarga biasa, tapi keinginan kuatnya untuk berlatih dan menguasai akting, patut diacungi jempol. Keseharian Maya, seperti kebanyakan anak sekolah pada umumnya yang pergi ke sekolah (SMP), pulang sekolah membantu ibunya yang single parent bekerja di toko ramen untuk mengantarkan pesanan mie ke pelanggan yang memesan lewat telepon. Di tengah rutinitasnya yang super boring, Maya menemukan dunia lain yang menarik perhatiannya, dunia sandiwara/ akting/ stage acting/ broadway. Maya senang sekali melihat orang berakting, hingga perhatiannya teralih ketika bekerja jika melihat tv/drama di tv, Maya bisa berada di dunianya sendiri, siapapun yang mengajaknya mengobrol, tidak akan mendapat tanggapan dari Maya saking fokusnya menikmati drama di tv, dan hal ini menyebabkan dia sering dimarahi pemilik toko ramen tempatnya bekerja.

Maya rela melakukan apapun demi melihat drama/sandiwara akting para pelakon, tanpa disadarinya, setiap stage act dan drama yang ia tonton, ia ingat semuanya dan Maya senang menceritakan kembali dan sambil berakting tentang apa yang ditontonnya kepada orang lain. Hingga suatu saat seorang aktris ternama yang rehat dari dunia aktingnya, Mayuko, melihat bakat seninya dan ingin menjadikan Maya sebagai muridnya dan mengajarinya akting.

Maya yang senang dengan dunia akting sangat bahagia sekali ketika Mayuko menawarkannya untuk berakting bersamanya, tetapi ibunya Maya tidak merelakan putrinya untuk berakting. Menurut ibunya, hal itu (akting) tidak berguna, apalagi apa yang dapat dilakukan Maya seorang yang menurut ibunya tidak mempunyai bakat apapun. Disini terjadi konflik antara Maya dengan ibunya dalam meraih impiannya untuk berakting. . .

Selain itu ada tokoh Hayami Masumi seorang Direktur perusahaan akting yang besar di Jepang, yang memiliki teater seni dan artis terkenal, yang juga terlibat dalam usaha Maya untuk berakting, yang sering adu mulut dan mengganggu Maya. Hal ini semakin menambah daya tarik komik ini.

Ceritanya tidak biasa, setiap volume terdapat materi yang menceritakan Maya dalam setiap peran/tokoh yang akan dimainkannya dalam setiap stage act dan usahanya untuk menguasai perannya dalam setiap lakonnya. Cerita cinta Mayapun tidak kalah serunya dengan aktingnya dalam setiap perannya! Cool!

Sampai sekarang sudah ada 49 volume yang dirilis di Jepang. Untuk koleksi ini, aku belum lengkap nih, ada yang bolong-bolong volumenya hehe yah karena kehabisan, telat beli, dll, banyak alasan nih! soalnya banyak juga series lain yang rilis dan pengen dibeli juga. Meskipun begitu, setiap volume asyik aja kok untuk dibaca meskipun ga lengkap! Nikmatin aja deh!

Oiya ada versi animenya juga nih dan seru juga ada 52 episode! Keren, dapet banget feel dari manganya diadaptasi ke bentuk animenya! Love this so much! versi drama Jepangnyapun udah dirilis, but I prefer anime and manganya! Gimana kamu sukanya aja sih, yang pasti saya salut nih sama authornya, secara ini manga dirilis hingga generasi sekarang. Edisi awalnya aja rilis tahun 1975, wahh belum ada, entah dimana yah aku mah! hingga edisi sekarang yang tahun 2010, 2012. Dari segi gambarnya pun lebih bagus! New Generation Topeng Kaca! I'm glad I find this series and enjoy every scene in the volume of every book!

Bagi yang suka baca komik yang cerita konfliknya lebih dewasa dan berat, berkembang setiap tokohnya hingga seperti nyata dan deep banget romancenya, you'll probably love this, and I recommend this!

Manga ini satu diantara yang sering saya baca ulang, begitupula animenya, selalu ngangenin buat dibaca dan ditonton ulang, bikin hati jadi tersentuh dengan kedalaman peran tokohnya yang menyayat hati dan mengagumkan dengan usahanya untuk menyelesaikan setiap masalah, rintangan dan hambatan yang membuat tokoh utamanya jatuh bangun dan berpikir semua trik yang ampuh untuk menyelesaikan setiap episodenya. Love this so much! I hope you'll like this like me or maybe you're already fans of this series manga, that'll be great!



Kalau manga yang ini series lanjutan, edisi normal Topeng kaca, jadi tidak begitu tebal, I've got this 3 and I think there's more of it, I hope I can find more about this one! Still on the way! and I love this also ;)



13 comments:

  1. salah satu komik favorite! gambarnya memang ga gitu bagus tapi ceritanya sangat menarik, kita seperti mengikuti perjalanan hidup maya dari kecil sampai remaja,suka banget dgn masumi dan maya, sayang komiknya belum tamat sampai sekarang, sedangkan pengarangnya sudah tua.

    Saham Mayora

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah seneng banget ketemu yang sama-sama suka komik ini, makasih banget yah udah nyeritain pengalaman tentang komik ini, so nice of you!

      Delete
  2. So excited ketemu blog yang ngebahas soal komik ini juga. Uda lumayan lama bener nih komik tapi ga ada tanda2 selesai juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha I'm glad. Iya, tapi tetep aja suka. Makasih udah mampir yah! :)

      Delete
  3. Huaa sampai lumutan nungguin ini komik terbit lagi :(. Sedih juga topeng kaca belum tamat-tamat. Td ngeliat iklan sinetron baru indo judulnya topeng kaca juga, rasanya kesel kalau sampai komik se-legend ini di plagiat haha :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Karakternya ada yang dirubah-rubah (kok pemeran utama cowoknya jadi muda dan jadi aktor? haha) dan ceritanya dibedain setting biar ga dikira jiplak. Tapi dengan judulnya dan ceritanya mirip banget, pecinta komik ini pasti bakal pada tahu dan sedih.

      Delete
  4. hi, saya baca manga ini dari jaman smp ampe sekarang uda jadi ibu anak 2 masih nungguin lanjutannya hahaha... my all time favourites manga. kalau baca di blog anime dan twitter sensei suzue miuchi bulan mei 2018 yang lalu sensei konfirmasi akan segera bikin manga ini tamat... so let's hope this year 2019 this manga will be finale. yang penting masumi ama maya happy ending wkwkwkw #ketawahisteris :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi! waahh kereen! bener-bener fans komik ini pecinta sejati! seneng deh! makin ga sabar nih nunggunya!

      Delete
    2. Hiiii... Sama... Sy jg pertm bc wkt SMP. Skrg ud pny 2 anak yg ud SD pl... Smpe hampir lupa kisah seri terakhir ny yg bidadari merah vol 8 klo ga slh. Abis tu ga ad lg. Tiap cari d Google ga ktmu.. Tkhr yg sy ingt it wkt maya pegang gelas kaca air minum gt, trz pecah... Gt deh... Penasaran smpe skrg.. Huhuhuuuuuu 😥😥

      Delete
  5. halo, aku juga baca ini dari SD malah. hehe. anyway, udah lama ga ngikutin, sekarang yang terbaru apa sudah ada? yang terakhir aku baca Bersatunya Dua Jiwa 3. udah ada seri baru belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga, waahh kereenn! Iya sama aku juga baru koleksi sampai bersatunya dua jiwa 3, kangen banget pengen baca yang barunya, masih nunggu aku juga, penulisnya meyakinkan fans (26 Mei 2018) bahwa beliau mau lanjutin ceritanya hingga tamat dan kalau mau publish nanti diumumin di twitter. Mudah-mudahan cepet rilis yah! biar cepet juga dicetak disini;)

      Delete
  6. Skrg uda agustus 2019... Sdh terbitkah bersatunya dua jiwa vol 4nya..

    ReplyDelete
  7. Sya baca dr sd sampai skrg uda punya ank 3.. Yg pertama uda dua smp.. Masih nubggu endingnya..

    ReplyDelete